Layanan Perbankan (Mobile Banking, Internet Banking, Electronic Banking, dan SMS Banking) Menu dan Fungsi masing-masing.


Layanan Perbankan (Mobile Banking, Internet Banking, Electronic Banking, dan SMS Banking) Menu dan Fungsi masing-masing
·         Layanan Internet Banking
Layanan terpopuler di era sekarang adalah Internet Banking atau e-banking. Internet Banking adalah kegiatan melakukan transaksi atau aktivitas perbankan melalui internet dengan platform yang diberikan oleh masing-masing bank. Tujuan utama dari Internet Banking ini untuk mempermudah nasabah melakukan aktivitas perbankan tanpa harus menempuh cara tradisional, seperti mengunjungi kantor bank dan berurusan dengan petugas bank. Layanan Internet Banking akan selalu terkait dengan rekening bank nasabah, sehingga setiap kegiatan perbankan akan terefleksi secara langsung.
Sejumlah fitur yang ditawarkan i-banking pada umumnya, antara lain:
a.    Informasi rekening dan kartu kredit, yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, maupun daftar rekening, termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain. Kamu juga bisa melihat informasi kurs di sini.
b.    Transfer dana, baik antar rekening bank yang bersangkutan maupun antar bank. Fitur ini juga mencakup transfer terjadwal.
c.     Pembayaran, baik itu pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce.
Internet banking memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:
a.    Bisa diakses dari mana saja, baik itu dari PC, laptop, tablet, maupun ponsel. Nggak masalah kamu ada di belahan dunia mana, yang penting ada koneksi internet.
b.    Enggak terikat waktu. Kamu bisa mengaksesnya kapan saja 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
c.     Dilengkapi dengan sistem pengamanan berlapis. Untuk melakukan transaksi non-finansial seperti mengecek saldo dan mutasi rekening, kamu cukup memasukkan user ID dan password.
d.    Untuk perubahan data maupun transaksi finansial seperti transfer dana dan pembayaran, kamu perlu menggunakan token yang bisa didapatkan dari bank yang bersangkutan. Token ini berfungsi sebagai otentikasi transaksi

·         Layanan Mobile Banking
Mobile Banking (M-banking) adalah sebuah sistem yang diciptakan oleh bank untuk nasabah agar dapat melakukan sejumlah aktivitas perbankan melalui ponsel/Smartphone. Penggunaan fasilitas Mobile Banking membutuhkan nasabah untuk terkoneksi dengan internet di Smartphonenya. Nasabah juga perlu mengunduh (download) terlebih dahulu aplikasi Mobile Banking dari bank di app-store Smartphone. Serupa dengan Internet Banking, M-banking juga akan terkait dengan rekening nasabah untuk melakukan transaksi perbankan.
Walaupun sepintas M-banking kelihatan serupa dengan phone banking/SMS banking. Namun sebenarnya M-banking memiliki fitur yang lebih luas daripada SMS banking. Fitur layanan dari M-banking tidak jauh berbeda dengan Internet Banking, karena M-banking sebenarnya bagian dari Internet Banking yang melalui Smartphone. Fitur layanan M-banking diantaranya adalah:
  1. Transfer dana antar rekening dan antarbank
  2. Pembayaran tagihan rekening telepon, air, listrik, internet, kabel TV, kartu kredit dan lain-lain
  3. Pembelian pulsa telepon atau transaksi online shopping
  4. Pengecekan saldo rekening dan mutasi rekening untuk tabungan, deposito, kartu kredit ataupun rekening lainnya
  5. Pengecekan kurs dan suku bunga produk bank terkini
·         Layanan SMS Banking
Dibanding dengan layanan lainnya, fitur SMS banking memang yang paling terbatas. Tapi, kamu bisa memanfaatkan layanan ini tanpa internet, lho. Jadi, cukup praktis bila kamu sedang berada di tempat yang tidak ada layanan internetnya.
Sejumlah fitur yang ditawarkan SMS banking, antara lain:
a.    Informasi saldo, mutasi rekening, dan informasi kurs.
b.    Informasi kartu kredit.
c.     Transfer dana dan pembayaran.
Untuk melakukan transaksi lewat SMS banking, kamu tinggal memasukkan perintah dan kode akses ke nomor operator SMS banking yang bersangkutan. Kamu akan dikenai tarif pulsa sesuai dengan biaya layanan yang diterapkan oleh bank yang bersangkutan.

·         Layanan Electronic Banking
E-Banking dibagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah melalui internet banking atau i-banking yang bisa Anda gunakan lewat media komputer atau gadget. Selanjutnya adalah SMS banking dan Mobile Banking dimana Anda bisa sama-sama mengaksesnya dengan gadget. Dan terakhir adalah fasilitas ATM atau Automated Teller Machine. Semua ini sama-sama mempunyai kesamaan untuk mempermudah Anda dalam melakukan transaksi ke bank.
Manfaat e-Banking untuk Bank Penyedia e-Banking :
Layanan dan fasilitas e-Banking teryata telah diperkenalkan kepada nasabah dari beberapa tahun yang lalu menurut Wikipedia.org. Dan sudah banyak konsumen yang merasakan keuntungannya. Selain itu, beberapa bank BUMN sampai bank swasta pun juga merasakan manfaatnya seperti berikut.
-       Business Expansion, pihak bank dapat menyediakan layanan bank dimanapun yang mereka inginkan tanpa perlu menyita waktu nasabah untuk datang ke bank.
-       Customer Loyalty. Dengan adanya e-Banking, pihak bank akan mendapatkan nasabah akan lebih loyal dan nyaman untuk memilih satu bank tertentu.
-       Revenue and Cost Improvement, biaya untuk melakukan transaksi perbankan akan lebih murah dan tidak perlu lagi membuka cabang baru di tempat yang sulit dijangkau.
-       Competitive Advantage. Adanya persaingan yang kompetitif antara bank satu dengan yang lainnya untuk menarik perhatian konsumen.
-       New Business Model, bisnis model baru untuk semua pihak dari bank maupun nasabah bank tertentu.
Manfaat e-Banking untuk Konsumen :
Selain bank, konsumen ataupun nasabah bank penyedia e-banking pun juga merasakan banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan e-Banking.
-       Tidak membuang waktu. Karena semua layanan bisa Anda gunakan dimanapun Anda berada seperti lewat mesin ATM, gadget ataupun internet komputer.
-       Aman dan nyaman. Setiap layanan e-Banking tentunya harus sesuai syarat dan ketentuan yang sudah ada dan juga harus terdaftar dengan BI dan OJK.
Jenis-jenis e-Banking :
Seperti dilansir dari Wikipedia.org, jenis e-banking terbagi menjadi dua bagian yaitu perbankan daring atau perbankan online dan perbankan bergerak. Contoh perbankan online yaitu internet banking dan ATM. Sedangkan contoh perbankan bergerak yaitu mobile banking, phone banking, dan SMS banking Berikut ini penjelasan layanan e-Banking yang diterapkan di Indonesia.
Ø  ATM (Automated Teller Machine)
Ø  Internet Banking
Ø  Mobile Banking
Ø  Sms  Banking
Ø  Phone Banking
BRI Mobile, SMS Banking BRI dan Internet Banking BNI serta Cara Aktivasi dan Menggunakannya
Sama seperti bank-bank lainnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga ikut mengembangkan layanan transaksi berbasis teknologi. Terlebih sejak BRI membeli satelit yang menjadikan layanannya lebih luas lagi cakupannya.
Kini semua nasabah BRI bisa memanfaatkan BRI Mobile dengan berbagai aplikasi terbarunya yang dapat membantu transaksi perbankan menjadi lebih singkat dan lebih mudah karena dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun.
Bagi Anda yang sudah familiar dengan internet banking mungkin sudah tidak jadi masalah saat menggunakan aplikasi BRI Mobile. Namun, bagi yang masih awam dengan internet banking, khususnya BRI Mobile, Anda mungkin akan membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dalam menggunakannya. Karena aplikasi BRI Mobile tidak bisa digunakan di sembarang tipe smartphone. Akan tetapi, hanya jenis-jenis smartphone tertentu saja yang mendukung aplikasi tersebut.
Sekilas tentang BRI Mobile
BRI Mobile adalah sebuah aplikasi untuk smartphone yang di dalamnya terdapat  beberapa aplikasi e-Banking BRI yang dapat dijalankan dan diakses melalui smartphone. Aplikasi yang terdapat dalam BRI Mobile meliputi Mobile Banking, Internet Banking, Call BRI, dan Info BRI. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kegunaannya sendiri-sendiri, sesuai dengan kebutuhan Anda.
Dahulu layanan transaksi BRI baru bisa melalui komputer atau dekstop. Namun, dengan hadirnya BRI Mobile, saat ini transaksi bank layaknya dalam genggaman. Perbedaan yang paling dapat dirasakan antara Internet Banking (IB) BRI versi smartphone dan IB BRI versi desktop terletak pada sisi hematnya. Kalau pakai IB versi desktop, Anda akan dikenai biaya m-Token yang akan langsung dipotong pulsa sebesar Rp550. Kalau melakukan transaksi menggunakan IB BRI versi smartphone, tidak ada biaya alias gratis.
Kelebihan dan Fitur BRI Mobile
Banyak sekali keunggulan dan kelebihan yang dimiliki BRI Mobile, di antaranya:
1.    Mobile banking dan internet banking BRI dapat diakses, baik melalui jaringan internet GPRS/EDGE/3G/Wi-Fi ataupun SMS. BRI Mobile juga lebih mudah digunakan karena telah menggabungkan dua aplikasi di dalam satu aplikasi.
2.    Semua transaksi perbankan yang dilakukan melalui BRI Mobile dijamin keamanannya karena dilengkapi dengan PIN, baik pada mobile banking ataupun internet banking. Bagi pengguna iPhone untuk bisa mengakses internet banking diperlukan m-Token sebagai prosedur autentikasi.
3.    Seperti juga pada aplikasi internet banking pada umumnya, BRI Mobile Banking juga mendukung fitur Daftar Pembayaran. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang secara rutin melakukan pembayaran tagihan ataupun pembayaran lainnya melalui rekening BRI. Cukup simpan daftar pembayaran di fitur ini dan selanjutnya Anda tidak perlu lagi memasukkan data-data yang diperlukan.
4.    Selain fitur Daftar Pembayaran, BRI Mobile juga menyediakan fasilitas Daftar Transfer. Fitur ini sangat berguna bagi yang secara rutin harus mentrasfer sejumlah dana ke nomor rekening BRI ataupun non-BRI. Dengan fitur ini, Anda lebih mudah dalam melakukan transfer karena tidak perlu lagi mengisi nomor rekening tujuan yang sama berulang kali.
5.    BRI Mobile juga menyediakan fitur ATM Locator. Dengan fitur ini, Anda bisa mengetahui posisi ATM terdekat dengan menggunakan GPS.
6.    Keamanan transaksi lebih dipermudah dengan adanya fitur Notifikasi Transaksi. Fitur ini merupakan fitur opsional yang dapat digunakan untuk menyimpan notifikasi transaksi bagi nasabah.
7.    Fitur baru yang bisa Anda nikmati adalah T-Bank.
Syarat dan Ketentuan BRI Mobile
Untuk bisa menikmati kemudahan BRI Mobile, ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Pertama, Anda harus memiliki rekening simpanan di BRI. Jenis rekening simpanan bisa Tabungan BRI Britama, Tabungan BRI JUNIOR, Tabungan Giro BRI, ataupun Tabungan BRI Simpedes.
Setelah memiliki salah satu rekening di atas, Anda diwajibkan untuk memiliki kartu ATM BRI yang masih aktif. Selain itu, untuk bisa melakukan transaksi finansial melalui BRI Mobile, Anda juga harus melakukan registrasi mobile banking dan internet banking melalui ATM dan Unit Kerja BRI.
Agar proses registrasi lebih mudah, sebaiknya Anda datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat untuk registrasi kedua fitur tersebut. Anda akan diarahkan petugas terkait sampai urusan selesai.
Smartphone yang Mendukung Aplikasi BRI Mobile
BRI Mobile mendukung smarthphone atau ponsel pintar dengan Operating System (OS): Android, IOS (iPhone), Windows Phone, dan Blackberry.
Cara Mendapatkan Aplikasi BRI Mobile
Untuk mendapatkan aplikasi BRI Mobile, Anda bisa mengunjungi pusat aplikasi tiap-tiap jenis smartphone. Untuk Android, Anda bisa mengunjungi Google Play Store. Untuk Blackberry, Anda bisa mencari aplikasi BRI Mobile di Blackberry World. Untuk Windows Phone, Anda bisa membuka Windows Phone Store. Sementara untuk IOS (iPhone), Anda bisa mencari aplikasi tersebut di AppStore.
Setelah mendapatkan aplikasi, install dan jalankan aplikasi tersebut di smartphone Anda. Selanjutnya, silakan ikuti cara daftar dan aktivasi BRI Mobile dengan langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini.
Cara Daftar dan Aktivasi BRI Mobile
Menikmati BRI Mobile sebenarnya sangat mudah. Pertama, Anda harus mengaktifkan fitur SMS banking dan internet banking dengan registrasi di kantor BRI di mana Anda membuat rekening. Atau Anda bisa melakukan pendaftaran internet banking melalui ATM terlebih dahulu kemudian baru datang ke kantor untuk mengaktifkan internet banking.
Sampai di sini Anda sudah memiliki akses ke internet banking (melalui komputer, notebook, dan sebagainya). Akan tetapi, Anda belum bisa menggunakannya melalui BRI Mobile. Selanjutnya, agar dapat menikmati fitur BRI Mobile, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
1.    Login ke internet banking BRI dari komputer atau notebook (ib.bri.co.id).
2.    Setelah Anda login, cari menu Daftar BRI Mobile dan klik.
3.    Lakukan sesuai dengan instruksi (Pengisian Data, Konfirmasi Data, Transaksi Selesai).
4.    Logout (keluar) dari dari akun di internet banking versi desktop.
5.    Cek inbox pesan di smartphone Anda dari BRI yang berisi link download aplikasi BRI Mobile.
6.    Setelah aplikasi ter-download dan ter-install di smartphone Anda, bukalah aplikasi tersebut.
7.    Pada menu utama, Anda dapat melihat berbagai macam pilihan menu, yaitu info BRI, internet banking, mobile banking, Call BRI, dan T-Bank
8.    Pilih Internet BRI jika anda ingin bertransaksi menggunakan jaringan internet.
9.    Kemudian pilih Aktivasi IB Mobile BRI.
10.  Jika sukses, Anda akan menerima SMS notifikasi bahwa BRI Mobile sudah aktif dan siap digunakan untuk melakukan transaksi finansial.
Layanan SMS Banking dari BRI
Selain BRI Mobile, BRI juga memberikan fitur layanan SMS banking. Nasabah BRI bisa melakukan pendaftaran dan aktivasi layanan SMS banking, yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat atau aktivasi melalui ATM BRI.
Jika datang ke Kantor Cabang BRI, Anda tinggal menyampaikan ke customer service biar dibantu untuk proses pendaftaran dengan melengkapi persyaratan yang diminta. Bagi nasabah yang sibuk atau tidak suka antre di bank, mendaftar melalui ATM adalah pilihan yang tepat.  
Proses Pendaftaran SMS Banking BRI
Proses pendaftaran SMS Banking BRI bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu mendaftar di Unit Kerja BRI atau melalui ATM BRI. Berikut ini prosesnya.
Pendaftaran Melalui Unit Kerja BRI
Registrasi SMS Banking di Unit Kerja BRI (Kanca, KCP, KK, dan Unit) ditujukan untuk transaksi yang bersifat finansial, seperti Transfer Antarrekening, Pembelian Pulsa, dan lain-lain. Dengan cukup mengisikan formulir aplikasi permohonan Registrasi SMS Banking dan melampiri fotokopi KTP yang masih berlaku dan fotokopi kartu ATM BRI.
Pendaftaran Melalui ATM
Mendaftar SMS Banking BRI melalui mesin ATM sangat mudah dan praktis dengan langkah-langkah berikut ini.
  • Masukan ATM ke mesin ATM diikuti PIN/password ATM anda.
  • Selanjutnya akan muncul menu utama pilih menu Transaksi Lain.
  • Kemudian pilih menu Registrasi.
  • Akan muncul menu SMS Banking, pilih menu tersebut.
  • Anda akan diarahkan untuk membuat PIN sebanyak 6 digit. PIN tersebut boleh berbeda dengan PIN ATM.
  • Pilih PIN yang mudah dihafal (sebaiknya hindari penggunaan tanggal lahir dan sejenisnya karena mudah di tebak).
  • Setelah selesai, akan keluar struk berisi informasi bahwa Anda berhasil mendaftar.
Jika ada kendala, Anda bisa menghubungi call center BRI.
Layanan dan Keunggulan SMS Banking BRI
Dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya, BRI memberikan dua jenis layanan, yaitu:
·         Layanan BRI berbasis menu, yaitu layanan SMS Banking yang menggunakan menu sebagai perintah transaksinya.
·         Layanan plain text, yaitu layanan SMS Banking dengan mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.
Jenis layanan yang bisa dilakukan melalui SMS Banking BRI
Sebagai nasabah, Anda bisa mendapatkan fasilitas berikut ini setelah mengaktifkan SMS Banking BRI.
  • Layanan informasi saldo dan SMS info.
  • Layanan pembayaran tagihan PLN, Telkom, Kartu Halo, Matrix, Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI, Pembayaran DPLK, Pembayaran Zakat YBM BRI, Pembayaran Infaq YBM BRI, dan Pembayaran Tagihan Citibank.
  • Layanan transfer sesama BRI maupun Rekening Tujuan Transfer bank lain, Transfer Antarrekening BRI, dan Transfer Antarbank.
  • SMS Prepaid dan pembelian pulsa isi ulang (Simpati/AS, Mentari, XL, IM3 SMART, Axis).
Cara Menggunakan Layanan SMS Banking BRI
SMS Banking dari BRI memberikan banyak kemudahan dalam melakukan transaksi. Berikut ini cara mengirimkan SMS dengan format dan mekanismenya yang dikirim ke nomor 3300.
Jenis Transaksi
Format
Contoh
Transfer ke Sesama Rekening BRI
TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
TRANSFER BRI123451234567890 500000 123456
Transfer ke Bank Lain
TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
TRANSFER 008987654321 5000000 123456
Cara Cek Saldo SMS Banking BRI
SALDO <spasi> PIN
SALDO 123456
Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI
BELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
BELI PLNPRE 0140087654321 200000 123456
Cara SMS Banking BRI Isi Pulsa
PULSA <spasi> HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
PULSA 08123456789 100 123456 (untuk Rp100.000)
Cara Mendaftar BRI Internet Banking
Proses pendaftaran ini bisa kamu lakukan dengan mudah, yakni dengan cara mengunjungi salah satu kantor cabang BRI di sekitar kamu. Pastikan rekening BRI kamu dalam kondisi aktif, sehingga proses ini bisa berjalan dengan mudah dan lancar. Untuk melakukan pendaftaran, lengkapi beberapa syarat berikut ini terlebih dahulu:
  • Buku tabungan BRI.
  • Kartu identitas diri (KTP).
  • Ponsel sebagai alat untuk proses verifikasi.
  • Email yang valid.
Jika semua persyaratan di atas telah kamu penuhi dengan baik, maka kamu bisa melakukan pendaftaran BRI internet banking ini di Customer Service. Dalam proses pendaftaran ini kamu akan diminta mengisi formulir pendaftaran. Pastikan kamu mengisi setiap kolom dengan benar, sehingga proses ini bisa berjalan dengan lancar. Jika proses pendaftaran kamu sudah selesai, maka kamu akan mendapatkan token dan harus melakukan aktivasi layanan tersebut pada mesin ATM BRI terdekat.
Cara Melakukan Aktivasi BRI Internet Banking
Agar bisa menikmati layanan BRI internet banking, kamu wajib melakukan aktivasi setelah proses pendaftaranmu berhasil. Kunjungi ATM BRI terdekat untuk melakukan proses ini. Lakukan aktivasi BRI internet bankingmu dengan beberapa langkah mudah berikut ini:
1.    Masukkan kartu ATM ke slot yang tersedia.
2.    Ketikkan PIN ATM kamu.
3.    Pilih menu “lainnya” yang terdapat pada halaman utama.
4.    Lanjutkan dengan memilih menu “Registrasi”
5.    Lalu pilih menu “Internet banking”.
6.    Ketikkan password baru yang akan kamu gunakan untuk layanan internet banking ini.
7.    Ketikkan kembali password di atas sebagai perifikasi.
8.    Setelah selesai, kamu akan menerima struk aktivasi berisi User ID dan juga password internet banking kamu.
9.    Sampai di sini, proses aktivasi kamu telah berhasil dan layanan BRI internet banking kamu telah bisa digunakan.
Aktivasi m-Token BRI
Untuk menggunakan layanan BRI interet banking secara maksimal, maka kamu harus mengaktivasi mToken BRI mu terlebih dahulu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mudah, yakni dengan mendatangi salah satu kantor cabang BRI dan melakukan aktivasi di sana. Jangan lupa untuk membawa serta buku tabungan dan juga ponselmu, agar proses ini bisa berjalan dengan mudah. Mintalah bantuan kepada Customer Service yang bertugas di sana, agar layanan BRI internet bankingmu bisa segera digunakan.
Tips Menggunakan Layanan BRI Internet Banking
 Layanan internet banking menggunakan sistem online, sehingga kamu harus ekstra hati-hati dalam menggunakannya. Beragam risiko mungkin saja terjadi, terutama berbagai tindak kejahatan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hindari berbagai risiko ini dengan tepat, simak beberapa tips yang bisa kamu gunakan berikut ini:
1.    Pastikan kamu hanya mengakses layanan BRI internet banking ini pada situs resmi BRI saja.
2.    Selalu jaga kerahasiaan password dan juga User ID BRI internet banking kamu dengan baik.
3.    Jangan pernah menyimpan password kamu secara otomatis pada laptop atau gadgetmu.
4.    Ganti password secara berkala.
5.    Hindari untuk login melalui fasilitas umum atau milik orang lain.
6.    Jika mendapati hal yang mencurigakan, segera hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 5000-17.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah & Perkembangan UNIX

Troubleshooting BB 10

Build Barathum Dota 2