Layanan Perbankan (Mobile Banking, Internet Banking, Electronic Banking, dan SMS Banking) Menu dan Fungsi masing-masing.
Layanan Perbankan (Mobile
Banking, Internet Banking, Electronic Banking, dan SMS Banking) Menu dan Fungsi
masing-masing
·
Layanan
Internet Banking
Layanan terpopuler di era sekarang adalah Internet Banking
atau e-banking. Internet Banking adalah kegiatan melakukan transaksi atau
aktivitas perbankan melalui internet dengan platform yang diberikan oleh
masing-masing bank. Tujuan utama dari Internet Banking ini untuk mempermudah
nasabah melakukan aktivitas perbankan tanpa harus menempuh cara tradisional, seperti
mengunjungi kantor bank dan berurusan dengan petugas bank. Layanan Internet
Banking akan selalu terkait dengan rekening bank nasabah, sehingga setiap
kegiatan perbankan akan terefleksi secara langsung.
Sejumlah fitur yang ditawarkan i-banking pada umumnya,
antara lain:
a. Informasi rekening dan kartu
kredit, yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, maupun daftar rekening,
termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain. Kamu juga
bisa melihat informasi kurs di sini.
b.
Transfer
dana, baik antar rekening bank yang bersangkutan maupun antar bank. Fitur ini
juga mencakup transfer terjadwal.
c. Pembayaran, baik itu pembayaran
tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce.
Internet banking memiliki beberapa keunggulan sebagai
berikut:
a. Bisa diakses dari mana saja,
baik itu dari PC, laptop, tablet, maupun ponsel. Nggak masalah kamu ada di
belahan dunia mana, yang penting ada koneksi internet.
b.
Enggak
terikat waktu. Kamu bisa mengaksesnya kapan saja 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
c.
Dilengkapi
dengan sistem pengamanan berlapis. Untuk melakukan transaksi non-finansial
seperti mengecek saldo dan mutasi rekening, kamu cukup memasukkan user ID
dan password.
d.
Untuk
perubahan data maupun transaksi finansial seperti transfer dana dan pembayaran,
kamu perlu menggunakan token yang bisa didapatkan dari bank yang bersangkutan.
Token ini berfungsi sebagai otentikasi transaksi
·
Layanan Mobile Banking
Mobile Banking (M-banking) adalah
sebuah sistem yang diciptakan oleh bank untuk nasabah agar dapat melakukan
sejumlah aktivitas perbankan melalui ponsel/Smartphone. Penggunaan
fasilitas Mobile Banking membutuhkan nasabah untuk terkoneksi dengan
internet di Smartphonenya. Nasabah juga perlu mengunduh (download)
terlebih dahulu aplikasi Mobile Banking dari bank di app-store Smartphone.
Serupa dengan Internet Banking, M-banking juga akan terkait
dengan rekening nasabah untuk melakukan transaksi perbankan.
Walaupun sepintas M-banking kelihatan serupa
dengan phone banking/SMS banking. Namun sebenarnya M-banking
memiliki fitur yang lebih luas daripada SMS banking. Fitur layanan dari M-banking
tidak jauh berbeda dengan Internet Banking, karena M-banking
sebenarnya bagian dari Internet Banking yang melalui Smartphone.
Fitur layanan M-banking diantaranya adalah:
- Transfer dana antar rekening dan
antarbank
- Pembayaran tagihan rekening telepon, air, listrik, internet, kabel TV,
kartu kredit dan lain-lain
- Pembelian pulsa telepon atau transaksi online shopping
- Pengecekan saldo rekening dan mutasi rekening untuk tabungan,
deposito, kartu kredit ataupun rekening lainnya
- Pengecekan kurs dan suku bunga produk bank terkini
·
Layanan SMS
Banking
Dibanding dengan layanan lainnya, fitur SMS banking
memang yang paling terbatas. Tapi, kamu bisa memanfaatkan layanan ini tanpa
internet, lho. Jadi, cukup praktis bila kamu sedang berada di tempat yang tidak
ada layanan internetnya.
Sejumlah fitur yang ditawarkan SMS banking, antara lain:
Sejumlah fitur yang ditawarkan SMS banking, antara lain:
a. Informasi
saldo, mutasi rekening, dan informasi kurs.
b. Informasi
kartu kredit.
c. Transfer
dana dan pembayaran.
Untuk melakukan transaksi lewat SMS banking, kamu
tinggal memasukkan perintah dan kode akses ke nomor operator SMS banking yang
bersangkutan. Kamu akan dikenai tarif pulsa sesuai dengan biaya layanan yang
diterapkan oleh bank yang bersangkutan.
·
Layanan
Electronic Banking
E-Banking dibagi menjadi beberapa bagian. Salah
satunya adalah melalui internet banking atau i-banking yang bisa Anda gunakan
lewat media komputer atau gadget. Selanjutnya adalah SMS banking dan Mobile
Banking dimana Anda bisa sama-sama mengaksesnya dengan gadget. Dan terakhir
adalah fasilitas ATM atau Automated Teller Machine. Semua ini sama-sama
mempunyai kesamaan untuk mempermudah Anda dalam melakukan transaksi ke bank.
Manfaat e-Banking untuk Bank Penyedia e-Banking :
Layanan dan fasilitas e-Banking teryata telah
diperkenalkan kepada nasabah dari beberapa tahun yang lalu menurut
Wikipedia.org. Dan sudah banyak konsumen yang merasakan keuntungannya. Selain
itu, beberapa bank BUMN sampai bank swasta pun juga merasakan manfaatnya
seperti berikut.
-
Business Expansion, pihak bank dapat menyediakan
layanan bank dimanapun yang mereka inginkan tanpa perlu menyita waktu nasabah
untuk datang ke bank.
-
Customer Loyalty. Dengan adanya e-Banking, pihak bank
akan mendapatkan nasabah akan lebih loyal dan nyaman untuk memilih satu bank
tertentu.
-
Revenue and Cost Improvement, biaya untuk melakukan
transaksi perbankan akan lebih murah dan tidak perlu lagi membuka cabang baru
di tempat yang sulit dijangkau.
-
Competitive Advantage. Adanya persaingan yang
kompetitif antara bank satu dengan yang lainnya untuk menarik perhatian
konsumen.
-
New Business Model, bisnis model baru untuk semua
pihak dari bank maupun nasabah bank tertentu.
Manfaat e-Banking untuk Konsumen :
Selain bank, konsumen ataupun nasabah bank penyedia
e-banking pun juga merasakan banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat yang
bisa didapatkan dengan menggunakan layanan e-Banking.
-
Tidak membuang waktu. Karena semua layanan bisa Anda
gunakan dimanapun Anda berada seperti lewat mesin ATM, gadget ataupun internet
komputer.
-
Aman dan nyaman. Setiap layanan e-Banking tentunya
harus sesuai syarat dan ketentuan yang sudah ada dan juga harus terdaftar dengan
BI dan OJK.
Jenis-jenis e-Banking :
Seperti dilansir dari Wikipedia.org, jenis e-banking
terbagi menjadi dua bagian yaitu perbankan daring atau perbankan online dan
perbankan bergerak. Contoh perbankan online yaitu internet banking dan ATM.
Sedangkan contoh perbankan bergerak yaitu mobile banking, phone banking, dan
SMS banking Berikut ini penjelasan layanan e-Banking yang diterapkan di
Indonesia.
Ø
ATM (Automated Teller Machine)
Ø
Internet Banking
Ø
Mobile Banking
Ø
Sms Banking
Ø
Phone Banking
BRI Mobile, SMS Banking BRI dan
Internet Banking BNI serta Cara Aktivasi dan Menggunakannya
Sama seperti bank-bank lainnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga ikut
mengembangkan layanan transaksi berbasis teknologi. Terlebih sejak BRI membeli
satelit yang menjadikan layanannya lebih luas lagi cakupannya.
Kini semua nasabah BRI bisa memanfaatkan BRI Mobile
dengan berbagai aplikasi terbarunya yang dapat membantu transaksi perbankan
menjadi lebih singkat dan lebih mudah karena dapat dilakukan di mana pun dan
kapan pun.
Bagi Anda yang sudah familiar dengan internet
banking mungkin sudah tidak jadi masalah saat menggunakan aplikasi BRI Mobile.
Namun, bagi yang masih awam dengan internet banking, khususnya BRI Mobile,
Anda mungkin akan membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dalam
menggunakannya. Karena aplikasi BRI Mobile tidak bisa digunakan di
sembarang tipe smartphone. Akan tetapi, hanya jenis-jenis smartphone
tertentu saja yang mendukung aplikasi tersebut.
Sekilas tentang BRI Mobile
BRI Mobile adalah sebuah aplikasi untuk smartphone
yang di dalamnya terdapat beberapa aplikasi e-Banking BRI yang
dapat dijalankan dan diakses melalui smartphone. Aplikasi yang terdapat
dalam BRI Mobile meliputi Mobile Banking, Internet Banking,
Call BRI, dan Info BRI. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kegunaannya
sendiri-sendiri, sesuai dengan kebutuhan Anda.
Dahulu layanan transaksi BRI baru bisa melalui komputer
atau dekstop. Namun, dengan hadirnya BRI Mobile, saat ini transaksi bank
layaknya dalam genggaman. Perbedaan yang paling dapat dirasakan antara Internet
Banking (IB) BRI versi smartphone dan IB BRI versi desktop terletak
pada sisi hematnya. Kalau pakai IB versi desktop, Anda akan dikenai biaya
m-Token yang akan langsung dipotong pulsa sebesar Rp550. Kalau melakukan
transaksi menggunakan IB BRI versi smartphone, tidak ada biaya alias
gratis.
Kelebihan dan Fitur BRI Mobile
Banyak sekali keunggulan dan kelebihan yang dimiliki
BRI Mobile, di antaranya:
1. Mobile
banking dan internet banking BRI dapat diakses, baik
melalui jaringan internet GPRS/EDGE/3G/Wi-Fi ataupun SMS. BRI Mobile
juga lebih mudah digunakan karena telah menggabungkan dua aplikasi di dalam
satu aplikasi.
2. Semua
transaksi perbankan yang dilakukan melalui BRI Mobile dijamin keamanannya
karena dilengkapi dengan PIN, baik pada mobile banking ataupun internet
banking. Bagi pengguna iPhone untuk bisa mengakses internet banking
diperlukan m-Token sebagai prosedur autentikasi.
3. Seperti juga
pada aplikasi internet banking pada umumnya, BRI Mobile Banking juga
mendukung fitur Daftar Pembayaran. Fitur ini sangat berguna bagi Anda
yang secara rutin melakukan pembayaran tagihan ataupun pembayaran lainnya
melalui rekening BRI. Cukup simpan daftar pembayaran di fitur ini dan
selanjutnya Anda tidak perlu lagi memasukkan data-data yang diperlukan.
4. Selain fitur
Daftar Pembayaran, BRI Mobile juga menyediakan fasilitas Daftar
Transfer. Fitur ini sangat berguna bagi yang secara rutin harus mentrasfer
sejumlah dana ke nomor rekening BRI ataupun non-BRI. Dengan fitur ini, Anda
lebih mudah dalam melakukan transfer karena tidak perlu lagi mengisi nomor
rekening tujuan yang sama berulang kali.
5. BRI Mobile
juga menyediakan fitur ATM Locator. Dengan fitur ini, Anda bisa
mengetahui posisi ATM terdekat dengan menggunakan GPS.
6. Keamanan
transaksi lebih dipermudah dengan adanya fitur Notifikasi Transaksi.
Fitur ini merupakan fitur opsional yang dapat digunakan untuk menyimpan
notifikasi transaksi bagi nasabah.
7. Fitur baru
yang bisa Anda nikmati adalah T-Bank.
Syarat dan Ketentuan BRI Mobile
Untuk bisa menikmati kemudahan BRI Mobile, ada
syarat dan ketentuan yang berlaku. Pertama, Anda harus memiliki rekening
simpanan di BRI. Jenis rekening simpanan bisa Tabungan BRI Britama, Tabungan
BRI JUNIOR, Tabungan Giro BRI, ataupun Tabungan BRI Simpedes.
Setelah memiliki salah satu rekening di atas, Anda
diwajibkan untuk memiliki kartu ATM BRI yang masih aktif. Selain itu, untuk
bisa melakukan transaksi finansial melalui BRI Mobile, Anda juga harus
melakukan registrasi mobile banking dan internet banking melalui
ATM dan Unit Kerja BRI.
Agar proses registrasi lebih mudah, sebaiknya Anda
datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat untuk registrasi kedua fitur
tersebut. Anda akan diarahkan petugas terkait sampai urusan selesai.
Smartphone yang
Mendukung Aplikasi BRI Mobile
BRI Mobile mendukung smarthphone atau
ponsel pintar dengan Operating System (OS): Android, IOS (iPhone),
Windows Phone, dan Blackberry.
Cara Mendapatkan Aplikasi BRI Mobile
Untuk mendapatkan aplikasi BRI Mobile, Anda bisa
mengunjungi pusat aplikasi tiap-tiap jenis smartphone. Untuk Android,
Anda bisa mengunjungi Google Play Store. Untuk Blackberry, Anda bisa mencari
aplikasi BRI Mobile di Blackberry World. Untuk Windows Phone, Anda bisa
membuka Windows Phone Store. Sementara untuk IOS (iPhone), Anda bisa mencari
aplikasi tersebut di AppStore.
Setelah mendapatkan aplikasi, install dan
jalankan aplikasi tersebut di smartphone Anda. Selanjutnya, silakan
ikuti cara daftar dan aktivasi BRI Mobile dengan langkah-langkah yang
dijelaskan di bawah ini.
Cara Daftar dan Aktivasi BRI Mobile
Menikmati BRI Mobile sebenarnya sangat mudah.
Pertama, Anda harus mengaktifkan fitur SMS banking dan internet
banking dengan registrasi di kantor BRI di mana Anda membuat rekening. Atau
Anda bisa melakukan pendaftaran internet banking melalui ATM terlebih
dahulu kemudian baru datang ke kantor untuk mengaktifkan internet banking.
Sampai di sini Anda sudah memiliki akses ke internet
banking (melalui komputer, notebook, dan sebagainya). Akan tetapi,
Anda belum bisa menggunakannya melalui BRI Mobile. Selanjutnya, agar dapat
menikmati fitur BRI Mobile, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
1. Login ke internet
banking BRI dari komputer atau notebook (ib.bri.co.id).
2. Setelah Anda
login, cari menu Daftar BRI Mobile dan klik.
3. Lakukan
sesuai dengan instruksi (Pengisian Data, Konfirmasi Data, Transaksi Selesai).
4. Logout (keluar)
dari dari akun di internet banking versi desktop.
5. Cek inbox
pesan di smartphone Anda dari BRI yang berisi link download
aplikasi BRI Mobile.
6. Setelah
aplikasi ter-download dan ter-install di smartphone Anda, bukalah
aplikasi tersebut.
7. Pada menu
utama, Anda dapat melihat berbagai macam pilihan menu, yaitu info BRI, internet
banking, mobile banking, Call BRI, dan T-Bank
8. Pilih
Internet BRI jika anda ingin bertransaksi menggunakan jaringan internet.
9. Kemudian
pilih Aktivasi IB Mobile BRI.
10. Jika sukses,
Anda akan menerima SMS notifikasi bahwa BRI Mobile sudah aktif dan siap
digunakan untuk melakukan transaksi finansial.
Layanan SMS Banking dari BRI
Selain BRI Mobile, BRI juga memberikan fitur layanan
SMS banking. Nasabah BRI bisa melakukan pendaftaran dan aktivasi layanan
SMS banking, yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat atau
aktivasi melalui ATM BRI.
Jika datang ke Kantor Cabang BRI, Anda tinggal
menyampaikan ke customer service biar dibantu untuk proses pendaftaran
dengan melengkapi persyaratan yang diminta. Bagi nasabah yang sibuk atau tidak
suka antre di bank, mendaftar melalui ATM adalah pilihan yang tepat.
Proses Pendaftaran SMS Banking BRI
Proses pendaftaran SMS Banking BRI bisa
dilakukan melalui dua cara, yaitu mendaftar di Unit Kerja BRI atau melalui ATM
BRI. Berikut ini prosesnya.
Pendaftaran Melalui Unit Kerja BRI
Registrasi SMS Banking di Unit Kerja BRI (Kanca, KCP, KK,
dan Unit) ditujukan untuk transaksi yang bersifat finansial, seperti Transfer
Antarrekening, Pembelian Pulsa, dan lain-lain. Dengan cukup mengisikan formulir
aplikasi permohonan Registrasi SMS Banking dan melampiri fotokopi KTP yang
masih berlaku dan fotokopi kartu ATM BRI.
Pendaftaran Melalui ATM
Mendaftar SMS Banking BRI melalui mesin ATM sangat
mudah dan praktis dengan langkah-langkah berikut ini.
- Masukan ATM ke mesin ATM diikuti PIN/password ATM anda.
- Selanjutnya akan muncul menu utama pilih menu Transaksi Lain.
- Kemudian pilih menu Registrasi.
- Akan muncul menu SMS Banking, pilih menu tersebut.
- Anda akan diarahkan untuk membuat PIN sebanyak 6 digit. PIN tersebut
boleh berbeda dengan PIN ATM.
- Pilih PIN yang mudah dihafal (sebaiknya hindari penggunaan tanggal
lahir dan sejenisnya karena mudah di tebak).
- Setelah selesai, akan keluar struk berisi informasi bahwa Anda
berhasil mendaftar.
Layanan dan Keunggulan SMS Banking BRI
Dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya, BRI
memberikan dua jenis layanan, yaitu:
·
Layanan BRI berbasis menu, yaitu layanan SMS Banking
yang menggunakan menu sebagai perintah transaksinya.
·
Layanan plain text, yaitu layanan SMS Banking
dengan mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.
Jenis layanan yang bisa dilakukan melalui SMS Banking
BRI
Sebagai nasabah, Anda bisa mendapatkan fasilitas
berikut ini setelah mengaktifkan SMS Banking BRI.
- Layanan informasi saldo dan SMS info.
- Layanan pembayaran tagihan PLN, Telkom, Kartu Halo, Matrix, Pembayaran
Tagihan Kartu Kredit BRI, Pembayaran DPLK, Pembayaran Zakat YBM BRI,
Pembayaran Infaq YBM BRI, dan Pembayaran Tagihan Citibank.
- Layanan transfer sesama BRI maupun Rekening Tujuan Transfer bank lain,
Transfer Antarrekening BRI, dan Transfer Antarbank.
- SMS Prepaid dan pembelian pulsa isi ulang (Simpati/AS, Mentari, XL,
IM3 SMART, Axis).
Cara Menggunakan Layanan SMS Banking BRI
SMS Banking dari BRI memberikan banyak kemudahan dalam
melakukan transaksi. Berikut ini cara mengirimkan SMS dengan format dan
mekanismenya yang dikirim ke nomor 3300.
Jenis Transaksi
|
Format
|
Contoh
|
Transfer ke Sesama Rekening BRI
|
TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi>
PIN
|
TRANSFER BRI123451234567890 500000
123456
|
Transfer ke Bank Lain
|
TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL
<spasi> PIN
|
TRANSFER 008987654321 5000000
123456
|
Cara Cek Saldo SMS Banking BRI
|
SALDO <spasi> PIN
|
SALDO 123456
|
Cara Beli Pulsa Token PLN SMS
Banking BRI
|
BELI <spasi> PLNPRE
<spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
|
BELI PLNPRE 0140087654321 200000
123456
|
Cara SMS Banking BRI Isi
Pulsa
|
PULSA <spasi> HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
|
PULSA 08123456789 100 123456
(untuk Rp100.000)
|
Cara Mendaftar BRI Internet Banking
Proses pendaftaran ini bisa kamu lakukan dengan mudah, yakni dengan cara mengunjungi salah satu kantor cabang BRI di sekitar kamu. Pastikan rekening BRI kamu dalam kondisi aktif, sehingga proses ini bisa berjalan dengan mudah dan lancar. Untuk melakukan pendaftaran, lengkapi beberapa syarat berikut ini terlebih dahulu:
Proses pendaftaran ini bisa kamu lakukan dengan mudah, yakni dengan cara mengunjungi salah satu kantor cabang BRI di sekitar kamu. Pastikan rekening BRI kamu dalam kondisi aktif, sehingga proses ini bisa berjalan dengan mudah dan lancar. Untuk melakukan pendaftaran, lengkapi beberapa syarat berikut ini terlebih dahulu:
- Buku tabungan BRI.
- Kartu identitas diri (KTP).
- Ponsel sebagai alat untuk proses verifikasi.
- Email yang valid.
Jika semua persyaratan di atas telah kamu penuhi
dengan baik, maka kamu bisa melakukan pendaftaran BRI internet banking ini di Customer
Service. Dalam proses pendaftaran ini kamu akan diminta mengisi formulir
pendaftaran. Pastikan kamu mengisi setiap kolom dengan benar, sehingga proses
ini bisa berjalan dengan lancar. Jika proses pendaftaran kamu sudah selesai,
maka kamu akan mendapatkan token dan harus melakukan aktivasi layanan tersebut
pada mesin ATM BRI terdekat.
Cara Melakukan Aktivasi BRI Internet Banking
Agar bisa menikmati layanan BRI internet banking, kamu wajib melakukan aktivasi setelah proses pendaftaranmu berhasil. Kunjungi ATM BRI terdekat untuk melakukan proses ini. Lakukan aktivasi BRI internet bankingmu dengan beberapa langkah mudah berikut ini:
Agar bisa menikmati layanan BRI internet banking, kamu wajib melakukan aktivasi setelah proses pendaftaranmu berhasil. Kunjungi ATM BRI terdekat untuk melakukan proses ini. Lakukan aktivasi BRI internet bankingmu dengan beberapa langkah mudah berikut ini:
1. Masukkan
kartu ATM ke slot yang tersedia.
2. Ketikkan PIN
ATM kamu.
3. Pilih menu
“lainnya” yang terdapat pada halaman utama.
4. Lanjutkan
dengan memilih menu “Registrasi”
5. Lalu pilih
menu “Internet banking”.
7. Ketikkan
kembali password di atas sebagai perifikasi.
8. Setelah
selesai, kamu akan menerima struk aktivasi berisi User ID dan juga password
internet banking kamu.
9. Sampai di
sini, proses aktivasi kamu telah berhasil dan layanan BRI internet banking kamu
telah bisa digunakan.
Aktivasi m-Token BRI
Untuk menggunakan layanan BRI interet banking secara
maksimal, maka kamu harus mengaktivasi mToken BRI mu terlebih dahulu. Hal ini
bisa kamu lakukan dengan mudah, yakni dengan mendatangi salah satu kantor
cabang BRI dan melakukan aktivasi di sana. Jangan lupa untuk membawa serta buku
tabungan dan juga ponselmu, agar proses ini bisa berjalan dengan mudah.
Mintalah bantuan kepada Customer Service yang bertugas di sana, agar
layanan BRI internet bankingmu bisa segera digunakan.
Tips Menggunakan Layanan BRI Internet Banking
Layanan internet banking menggunakan sistem
online, sehingga kamu harus ekstra hati-hati dalam menggunakannya. Beragam
risiko mungkin saja terjadi, terutama berbagai tindak kejahatan oleh
oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hindari berbagai risiko ini dengan
tepat, simak beberapa tips yang bisa kamu gunakan berikut ini:
1. Pastikan
kamu hanya mengakses layanan BRI internet banking ini pada situs resmi BRI
saja.
2. Selalu jaga
kerahasiaan password dan juga User ID BRI internet banking kamu dengan baik.
3. Jangan
pernah menyimpan password kamu secara otomatis pada laptop atau gadgetmu.
4. Ganti password
secara berkala.
5. Hindari
untuk login melalui fasilitas umum atau milik orang lain.
6. Jika
mendapati hal yang mencurigakan, segera hubungi Call BRI di 14017 atau (021)
5000-17.
Sumber
: https://www.cermati.com/artikel/bri-internet-banking-cara-daftar-aktivasi-dan-penggunaannya
Komentar
Posting Komentar